Persaingan Semakin Ketat! Jumlah Pendaftar UTBK Gelombang 1 Mencapai 755.593 Peserta
Cari Berita

Advertisement

Persaingan Semakin Ketat! Jumlah Pendaftar UTBK Gelombang 1 Mencapai 755.593 Peserta

Wednesday, 27 March 2019


SEMARANG, HARIANKORAN.com - Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi sampaikan total pendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang 1 yang dibuka pada 1 Maret 2019 dan ditutup pada tanggal 24 Maret 2019 pukul 22.00 WIB berjumlah 755.593 peserta.

"Penutupan UTBK gekombang 1 data terakhir 755.593 yang akan dilayani dan distribusi pada 73 lokasi," katanya, Selasa (26/3/2019).

Pelaksanaan tes UTBK gelombang pertama akan dilaksanakan pada 13 -14 April. Lokasi terjauh di Merauke, yakni Universitas Mesamus Merauke dan Aceh paling barat (Meulabo) Universitas Teuku Umar.

Ravik sampaikan pihaknya juga sudah melakukan antisipasi terganggunya proses pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) akibat kendala teknis internet saat ujian berlangsung.

Untuk itu Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan panitia UTBK lokal untuk meng-install aplikasi UTBK dan mengunduh seluruh soal sebelum hari H Tes Gelombang Pertama UTBK dilakukan.

Hal ini untuk mengantisipasi koneksi internet yang terlalu padat apabila semua lokasi tes mengunduh soal menjelang atau pada saat tanggal tes.

"Ada beberapa kejadian seperti di Ambon, sebagian Irian dan Merauke kadang (jaringan) terputus karena kabel laut. Namun pihaknya sudah melakukan antisipasi jika terputus kita pakai lokal area network. Dengan begitu mereka tidak akan dirugikan," tandasnya.

Sementara untuk mengantisipasi indikasi kecurangan yang terjadi saat pelaksanaan, Ravik memastikan kemungkinan kecil tidak ada. Pasalnya saat ujian berlangsung, peserta dilarang membawa HP ke dalam ruangan.

"Karena modusnya tahu soal kemudian orang luar mengerjakan. Tapi kali ini tidak, bahkan di komputer sebelahnya beda soalnya. Kita siapkan beberapa puluh set (soal) tapi setara," paparnya.

Dirinyan juga menghimbau pada masyarakat khususnya para calon mahasiswa jangan percaya jika ada oknum yang menjual soal-soal ujian.

"Itu bohong, jangan 'nggugu' (jangan percaya), " pesan Ravik.

Artikel ini telah tayang di news.okezone.com dengan judul "Jumlah Pendaftar UTBK Gelombang I Capai 755.593 Perserta"
Jurnalis : Bramantyo