Manfaat Menangis Saat Mendengarkan Lagu Sedih
Cari Berita

Advertisement

Manfaat Menangis Saat Mendengarkan Lagu Sedih

Wednesday, 3 October 2018

Manfaat Menangis Saat Mendengarkan Lagu Sedih

Hariankoran.com, Jakarta: Menangis, seringkali terjadi saat Anda merasakan perasaan sedih atau terlalu bahagia. Menjadi cengeng atau sering menangis, dapat jadi bahan ejekan diantara teman atau keluarga. 

Namun, menurut keterangan dari sebuah studi terbaru yang dipublikasikan di Scientific Reports, menangis karena mendengarkan musik atau lagu yang sedih benar-benar dapat menambah mood atau suasana hati Anda. 

Dalam studi yang dilaksanakan pada April 2017, peneliti Jepang meminta 154 peserta guna menanggapi survei mengenai reaksi emosional mereka untuk musik dan seberapa sering mereka menikmati merinding dan menangis sambil mendengarkan lagu-lagu. 

Berdasarkan hasil, semua peneliti membagi 66 orang peserta menjadi dua kumpulan yakni orang yang merinding dan menangis. Setiap peserta kemudian diminta untuk mendengarkan enam lagu dan menekan tombol setiap kali mereka merasakan kedua hal tersebut. 
Manfaat Menangis Saat Mendengarkan Lagu Sedih
(Menangis saat mendengarkan musik yang sedih mungkin saja merupakan hal yang Anda butuhkan untuk meningkatkan semangat Anda dan beralih dari perasaan negatif)

Dengan memakai data itu yang digabungkan dengan detak jantung peseta dan reaksi fisik untuk musik, peneliti menilai bahwa lagu yang merangsang tangis dan merinding dapat menciptakan Anda mengambil napas yang dalam dan menjadi tenang. Tetapi, ini hanya untuk lagu-lagu yang dirasakan sedih atau menenangkan. 

Jadi, apa maksud penelitian tersebut? Meskipun penelitian dilaksanakan pada sisi yang kecil, namun gagasan utama penelitian ini bahwa menangis dapat menenangkan dan menambah mood ialah benar. 

"Hasil ini mengindikasikan bahwa air mata melibatkan kesenangan dari kesedihan dan bahwa mereka dapat secara psikologi dan sosial bersifat menenangkan." 

"Karena air mata mungkin memiliki efek katarsis, maka fungsional merinding dan air mata bisa berbeda," tulis peneliti dalam hasil studinya. 

Menangis saat mendengarkan musik yang sedih mungkin saja merupakan hal yang Anda butuhkan untuk meningkatkan semangat Anda dan beralih dari perasaan negatif. 

Jadi, tak butuh malu atau ragu ingin menangis saat mendengarkan lagu sendu selama hal tersebut dapat membuat Anda ceria kembali. 
Source : Metro News