Distribusi Android Oreo Meningkat, Pie Belum Terlihat
Cari Berita

Advertisement

Distribusi Android Oreo Meningkat, Pie Belum Terlihat

Tuesday, 2 October 2018


Hariankoran.com - Android baru saja mengumumkan distribusi perangkat yang memakai platform Android. Berdasarkan data distribusi, Android Oreo yang diluncurkan tahun lalu sudah menjangkau 19,2 persen.

Persentase itu menunjukan penambahan pesebaran Android generasi kedelapan tersebut sejumlah 4,6 persen dalam masa-masa satu bulan. Sebaran Android Oreo pun tercatat 3,4 persen lebih pesat dibanding capaian persebaran Android Nougat tahun lalu.

Namun, Android Nougat yang mulai digulirkan tahun 2016 mendominasi total distribusi Android hingga kini. Nougat mengokupasi 29,3 persen perangkat Android di dunia. Jumlah ini sejatinya menurun dari bulan Agustus lalu yang menjangkau 30,8 persen.
Sementara itu, Android Marshmallow merengkuh persentase 21,6 persen, menempatkannya menjadi versi Android kedua paling tidak sedikit diadopsi. Disusul Android Lollipop yang masih dipakai 18.3 persen perangkat.
Diagram distribusi Android(Developer Android)
Meski termasuk lawas, namun Android KitKat dan Jelly Bean masih tersebar dengan persentase 7,8 persen dan 3,2 persen secara berurutan. Sementara adopsi Android generasi awal yakni Ice Cream Sandwich dan Gingerbread secara kesuluruhan mencapai 0,3 persen. Lantas, berapa distribusi Android generasi termutakhir, yakni Android Pie yang rilis bulan lalu?